Menerapkan prosedur kegiatan rapat ( teleconference )
3.9 Menerapkan prosedur
kegiatan rapat
( teleconference )
A. Pengertian Teleconference
Teleconference adalah
penggunaan video/teknologi suara dan komputer yang memungkinkan orang pada
lokasi yang berjauhan untuk saling melihat, mendengar, dan berbicara satu sama
lain. konferensi video dimana data yang di-transmisikan adalah dalam bentuk
video atau audiovisual.
Teknologi video conference ini sangat efisien bagi perusahaan, terutama yang memiliki cabang-cabang perusahaan yang letaknya cukup jauh. Hal ini dikarenakan tekhnologi ini mengurangi biaya perusahaan yaitu biaya perjalanan untuk keperluan rapat atau pertemuan, biaya penginapan, konsumsi dll. Selain itu teknologi video conference ini dapat memungkinkan orang yang tidak dapat berpergian dapat saling berkomunikasi secara tatap muka.
Teknologi video conference ini sangat efisien bagi perusahaan, terutama yang memiliki cabang-cabang perusahaan yang letaknya cukup jauh. Hal ini dikarenakan tekhnologi ini mengurangi biaya perusahaan yaitu biaya perjalanan untuk keperluan rapat atau pertemuan, biaya penginapan, konsumsi dll. Selain itu teknologi video conference ini dapat memungkinkan orang yang tidak dapat berpergian dapat saling berkomunikasi secara tatap muka.
B. Pengertian Rapat Dan
Jenis-Jenis Rapat
Rapat dapat diartikan
pertemuan atau komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang untuk membahas
atau menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam organisasi tersebut :
1. Berdasarkan tujuan
a) Rapat
penjelasan (teaching conference)
Adalah rapat yang bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada peserta rapat mengenai kebijakan yang telah diambil oleh pimpinan organisasi.
Adalah rapat yang bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada peserta rapat mengenai kebijakan yang telah diambil oleh pimpinan organisasi.
b) Rapat
pemecahan masalah (problem solving conference)
Adalah rapat yang bertujuan untuk mencari pemecahan masalah yang sedang dihadapi.
Adalah rapat yang bertujuan untuk mencari pemecahan masalah yang sedang dihadapi.
c) Rapat
perundingan (negotiation conference)
Adalah rapat yang diadakan karena ada dua pihak yang berkepentingan, apabila tidak dirundingkan dapat mengakibatkan timbulnya pertikaian atau perselisihan.
Adalah rapat yang diadakan karena ada dua pihak yang berkepentingan, apabila tidak dirundingkan dapat mengakibatkan timbulnya pertikaian atau perselisihan.
2. Berdasarkan sifatnya
a) Rapat formal
Adalah rapat yang diadakan dengan suatu perencanaan terlebih dahulu menurut ketentuan yang berlaku dan pesertanya secara resmi mendapat undangan.
Adalah rapat yang diadakan dengan suatu perencanaan terlebih dahulu menurut ketentuan yang berlaku dan pesertanya secara resmi mendapat undangan.
b) Rapat
informal
Adalah rapat yang diadakan tanpa terpogram dan tidak berdasarkan suatu perencanaan formal.
Adalah rapat yang diadakan tanpa terpogram dan tidak berdasarkan suatu perencanaan formal.
c) Rapat
terbuka
Adalah rapat yang pesertanya tidak terbatas, artinya semua anggota dapat hadir tanpa undangan resmi.
Adalah rapat yang pesertanya tidak terbatas, artinya semua anggota dapat hadir tanpa undangan resmi.
d) Rapat tebuka
Adalah rapat yang dihadiri hanya orang-orang yang mendapatkan undangan saja.
Adalah rapat yang dihadiri hanya orang-orang yang mendapatkan undangan saja.
3. Berdasarkan frekuensinya
a) Rapat rutin
Adalah rapat yang sudah ditentukan waktunya dan sesudah terprogram.
Adalah rapat yang sudah ditentukan waktunya dan sesudah terprogram.
b) Rapat
insidental
Adalah rapat yang tidak berdasarkan jadwal, tergantung pada masalah yang dihadapi.
Adalah rapat yang tidak berdasarkan jadwal, tergantung pada masalah yang dihadapi.
4. Berdasarkan jangka waktunya
a. Rapat mingguan, yaitu rapat yang dilakukan tiap satu minggu sekali.
b. Rapat bulanan, yaitu rapat yang diselenggarakan tiap satu bulan sekali.
c. Rapat semesteran, yaitu rapat yang dilakukan tiap enam bulan sekali.
d. Rapat tahunan, yaitu rapat yang dilakukan tiap setahun sekali biasanya pada
akhir tahun/tutup tahun.
C. Perangkat
Teleconference
Perangkat Teleconference merupakan
alat untuk melakukan pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang
dilakukan melewati telephone atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa
menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan
audio-video (videoconference) yang
memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang
dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Sistem telekomunikasi dapat
mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih
dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti,
seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.
D. Macam - Macam atau Jenis
Teleconference
Jenis Teleconference ada beberapa, yaitu :
1. Audio
Conference
adalah pertukaran informasi
hanya melalui suara dengan medium panggilan telepon yang menghubungkan tiga
atau lebih suara saluran telepon dalam waktu yang bersamaan. Audio Conference
memiliki kelebihan dibanding web conference dan video conference, karena biaya
yang relatif murah. Namun kelemahan dari Audio Conference adalah hilangnya
koneksi personal dalam bisnis ketika hanya suara koneksi hanya suara koleganya
saja yang bisa terdengar. Saat beberapa pihak terlibat dalam satu pembicaraan
dalam percakapan telepon dalam satu panggilan secara bersamaan, maka
kemungkinan pihak tersebut berbicara dalam satu waktu yang sama menjadi lebih
besar.
2. Web Conference
adalah dimana presentasi
atau dokumen dapat dibagi dan disebarluaskan melalui internet. Keuntungan
utamanya adalah presenter dokumen dapat memberi penjelasan mendetail mengenai
suatu dokumen, sementara web lain dapat secara serempak melihat dokumen
presentasi tersebut.
3.VideoConference
adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada dilokasi yang berbeda, menggunakan jaringan komputer dengan komunikasi audio dan video.
3.VideoConference
adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada dilokasi yang berbeda, menggunakan jaringan komputer dengan komunikasi audio dan video.
E.Kegunaan atau Manfaat
Teleconference
A. Bagi pelajar
o Bisa dibuat
untuk percontohan [ada pelajar atau siswa agar mengerti tentang bagaimana
penggunaan teleconference itu sendiri
o Menambah
wawasan bagi pelajar tentang apa itu teleconference
o Memudahkan
siswa saat akan melakukan kegiatan teleconference sendiri
B. Bagi Guru
o Mengajarkan
pada murid muridnya tentang telecoference
o Membuat
murid mengenal teleconference sejak remaja agar mudah pengaplikasian saat
dewasa
C. Bagi Perusahaan
o Memudahkan
perusahaan dalam hal jarak tempuh yang jauh dan sebagainya
o Memudahkan
perusahaan membahas masalah bersama walau tidak berada pada satu tempat yang
sama
F. Manfaat Teleconference
1) Membantu
individu maupun kelompok untuk dapat berkomunikasi
dengan lebih mudah dan relatif murah dalam pelaksanaan konseling.
dengan lebih mudah dan relatif murah dalam pelaksanaan konseling.
2) Memberikan
kesempatan kepada individu untuk berkomunikasi lebih
baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu
bertemu secara fisik (cyber counseling).
baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu
bertemu secara fisik (cyber counseling).
3) Memungkinkan
konseling tidak merasa malu/canggung yang bisa
dilakukan kapan dan dimana saja
dilakukan kapan dan dimana saja
4) Walaupun kegiatan
konseling dilakukan dengan jarak jauh namun
kerahasian konseli harus tetap terjaga.
kerahasian konseli harus tetap terjaga.
5) Dapat
menghemat waktu konselor karena dapat melakukan layanan
dimana saja walaupun tempatnya berjauhan
dimana saja walaupun tempatnya berjauhan
G. Tujuan Dari
Teleconference
Tujuan menggunakan teleconference
adalah memudahkan seseorang atau orang banyak dalam meringkas waktu. Karena
waktu yang seharusnya digunakan untuk menuju tempat yang sama tersebut bisa
digunakan untuk hal lain yang lebih membutuhkan. Karena kita telah melakukan
kegiatan teleconference untuk bisa mendengar dan melihat langsung dengan jelas
orang yang ingin kita temui melalui media tersebut.Tanpa perlu bersusah payah
menghabiskan banyak waktu yang kita punya.
H. Keunggulan dan Kelemahan
Teleconference
Keunggulan Teleconference
Tidak adanya
kepemilikan metode dalam mengakses Internet denga standar WAP baik pada isi
maupun layanan.
Menghemat
biaya
Menghemat
waktu
Kelemahan Teleconference
Konfigurasi
telepon seluler untuk service WAP masih termasuk sulit
Jumlah
telepon seluler yang mendukung WAP masih terhitung sanagt sedikit.
Harga masih
terbilang mahal untuk dimiliki sehingga hanya perusahaan atau organisasi
tertentu yang mempunyai cukup dana dan sangat membutuhkan yang memiliki
konferensi video.
I. Cara kerja Teleconference
Pertama-tama pilih software Microsoft Visual C# 2005 yang merupakan Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan .NET Framework 2.0 SP1. Microsoft Visual C# menyediakan Graphical User Interface (GUI) yang mudah didesain dan memiliki banyak library yang sangat membantu dalam pembuatan sistem. Selain itu, digunakan beberapa library tambahan seperti :
v Microsoft
Managed DirectShow
v ConferenceXP
RTP Filter
v Microsoft
Visual C++ 2005 Redistributable
v Windows
Media Player 11 Codec
Pertama kali, user harus
memilih jenis IP yang akan digunakan (IPv4 atau IPv6) dengan memilih radio
button. Untuk memilih IP address, user dapat mengklik combo box dan memilih IP
yang terdapat pada komputer. Setelah itu, user menekan tombol centang yang ada
di kanan bawah. Jika user diperbolehkan untuk bergabung ke dalam konferensi,
akan muncul form set destination IP and port. Setelah user mengisi alamat IP
dan nomor port, user akan tergabung ke dalam konferensi.
j. Prosedur
penyelenggaraan rapat
1. Persiapan
§ Menyiapkan
rencana
§ Menyiapkan
agenda rapat
§ Menyiapkan
kertas kerja
§ Menyiapkan
pembicara/peserta
§ Menyiapkan
perlengkapan rapat
2. Pelaksanaan
ü Pembukaan
ü Tata tertib
rapat
ü Pengendalian
ü Mengatur
waktu
ü Pengambilan
keputusan
ü Penutupan
rapat
3. Laporan dan Evaluasi
a. Pelaporan
- Jelas, lengkap dan singkat
- Jelas, lengkap dan singkat
- Pembuat laporan harus mengikuti
rapat
- Isi jam/tanggal, jumlah peserta,
pembicara, pokok pembicaraan
Keputusan
b. Evaluasi
- Dilakukan bersama panitia/pengurus
- Yang dievaluasi adalah semua
kegiatan rapat dari persiapan, pelaksanaan dan hasil.
Komentar