KEGIATAN BELAJAR JARAK JAUH TUGAS Kelas X OTKP1 dan X OTKP 2
Tugas : Dari Materi Diatas Anda Diminta Untuk Membuat Rangkuman dan Membuat Soal Essay Sebanyak 5 Soal Berikut Jawabannya dan jangan lupa di pojok kanan atas ditulis Nama, kelas serta nomor absen..
Rangkuman baserta Soal yang anda buat kirim ke email :fizar.shz@gmail.com
Prosedur Pertemuan/Rapat
Pengertian Teleconference
Teleconference atau telekonferensi atau
teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya
dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu
sistem telekomunikasi.
Teleconference
adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua
orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan.
Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan
audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling
melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam
telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap
peserta mempunyai kontrol terhadapnya Jadi, juga berbagi aplikasi.
Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference karena menyediakan
satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh
satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio,
dan televisi.
Di Indonesia,
terdapat beragai layanan teleconference melalui
telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai kemampuan
untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi. Jumlah
peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conference atau
konferensi juga bisa dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number)
sehingga menjamin kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak
diundang dalam telekonferensiatau teleconference tersebut.
Telekonferensi (teleconference)
merupakan pertemuan atau percakapan berbasis elektronik secara langsung (live)
di antara tiga atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan
suatu sistem telekomunikasi.
Saat ini dikenal tiga jenis telekonferensi
yang sering digunakan, baik untuk keperluan bisnis ataupun kegiatan-kegiatan
sosial, yaitu :
1. Audio Conference (Conference Call)
Audio Conference atau disebut juga conference
call adalah percakapan dua atau lebih
partisipan dengan menggunakan fasilitas telepon dimana komunikasi yang terjadi
antara partisipan hanya dalam bentuk suara (audio).
Dari semua jenis telekonferensi, Conference Call paling
popular karena memiliki kelebihan sebagai berikut :
- Partisipan
hanya perlu menggunakan telepon biasa untuk melakukan telekonferensi tanpa
alat atau software tambahan.
- Dapat
digunakan kapan dan dimana saja tanpa perlu melakukan konfigurasi perangkat
yang akan digunakan.
- Tanpa
perlu koneksi internet yang cepat. Karena layanan panggilan konferensi ini
menggunakan jalur telepon, maka anda tidak perlu mempunyai jalur koneksi
internet yang cepat.
Untuk melakukan conference call,
para partisipan diharuskan menelepon nomor tertentu yang akan menyambungkan
mereka ke conference bridge (peralatan khusus yang
menghubungkan jalur-jalur telepon yang masuk menjadi satu) yang disediakan
oleh provider conference call. Biasanya ada biaya tambahan yang
dikenakan oleh provider conference call bagi penggunanya.
2. Video Conference
Video conference adalah teknologi komunikasi yang mengijinkan terjadinya komunikasi
dari beberapa lokasi yang berbeda yang secara simultan dapat mengirimkan gambar
video dan suara.
Untuk melakukan video conference dapat memanfaatkan
teknologi jaringan IP (melalui internet) dan teknologi ISDN (Integrated
Services Digital Network).
Meskipun video conference memiliki kelebihan dengan
adanya tampilan visual (video), penggunaan fasilitas telekonferensi ini masih
kurang populer di Indonesia karena beberapa hal berikut :
- Dibutuhkan
perangkat khusus seperti video input (video camera atau webcam)
dan video output (monitor), audio input (microphone)
dan audio output(speaker) serta fasilitas data transfer
(jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet)
- Biaya
yang relatif mahal
Saat ini video conference lebih banyak digunakan
oleh media televisi dan perusahaan-perusahaan berskala besar. Selain video
conferencing yang membutuhkan perangkat-perangkat khusus, ada juga layanan
video conferencing yang hanya membutuhkan komputer / laptop. Tipe-tipe video
conferencing ini juga bisa disebut Cloud Video Conferencing atau Cloud
Meeting. Mengapa dipanggil cloud / komputasi awan? Karena, hanya dengan
perangkat laptop / komputer biasa dan koneksi internet yang bagus, anda bisa
melakukan video conferencing.
3. Web Conference
Web conference atau biasa juga disebut webinars adalah
fasilitas telekonferensi interaktif yang menawarkan fitur data stream (aliran
data) lebih lengkap dimana partisipan dapat berkomunikasi secara simultan
menggunakan teks, suara, video hingga berbagi file (file sharing) atau
melakukan slide presentation.
Untuk menjalankan web conference biasanya
menggunakan aplikasi (software) khusus yang disediakan oleh provider
web conference dengan cara berlangganan, dan memanfaatkan teknologi
internet khususnya TCP/IP connection.
Berbeda dengan video conference, untuk melakukan web
conference cukup menggunakan perangkat komputer yang dilengkapi dengan
perangkat multimedia yang memadai seperti webcam, microphone dan speaker,
serta koneksi internet.
Dengan fitur yang lebih banyak, perangkat web conference lebih
sederhana dibanding video conference biasa.
Web conference banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti seminar atau
workshop online.
MANFAAT TELECONFERENCE DALAM PENGAMBILAN
KEPUTUSAN.
Dalam
era kompetisi seperti saat ini, kecepatan dan ketepatan dalam mengambil
keputusansangat menentukan. Untuk institusi yang memiliki satuan ker ja yang
terpisah-pisah, kendalautama dalam pengambilan keputusan adalah masalah jarak
dan waktu. Sangatlah sering parapimpinan melakukan perjalanan yang cukup jauh
untuk sekedar menghadiri rapat yang mungkinhanya berlangsung dalam hitungan
jam, tetapi effort yang diberikan sangat besar.
Adapun faktor-faktor yang mendorong memanfaatkan teknologi ini adalah :
1.
waktuketerbatasan waktu sangat mempengaruhi bagi setiap individu khususnya bagi
para pengambilkeputusan, hal ini disebabkan oleh kesibukan dari aktifitas
individu tersebut.
2.
BiayaFaktor ini sudah jelas bahwa dibeberapa tempat untuk bisa mengundang seorang
datang ke suatutempat lain membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari
biaya tiket pesawat, biaya travelperjalanan, biaya transpot, biaya penginapan,
dll.
3. Jarak Faktor ini juga mempengaruhi
mengapa sangat dibutuhkannya teknologi ini. Di beberapa tempat,Jarak untuk
mencapai suatu tempat sangatlah jauh dan terkadang sulit untuk dicapai
sehinggamembutuhkan tenaga dan waktu yang lebih banyak dibandingkan yang
dibutuhkan untuk menghadiri pertemuan tersebut. Hal ini menyebabkan adanya
ketidakefisienan pemanfaatantenaga & waktu karena jarak yang terlalu
jauh.Dengan membahas secara lisan dan saling melihat dari bahasa tubuh dengan
menggunakantelecoference, setiap peserta dapat berbagi informasi dan segera
memberikan tanggapan atauumpan balik, semua tanpa harus bertemu satu sama lain
secara langsung.
Beberapa pemanfaatan teleconference dalam
pengambilan keputusan di berbagai bidang:
1. Bidang Ekonomi, Dengan
video-conference pengusaha dapat melakukan pertemuan-pertemuan bisnis
pentingdengan biaya yang lebih murah dan waktu yang lebih hemat dibandingkan
harus melakukanperjalanan bisnis ke luar negeri.
2. Bidang Pendidikan, Teleconference membantu pekerja
dari berbagai negara dan budaya yang berbeda dan belajar dari satu sama lain.
Virtual lapangan juga terlihat dengan penggunaan teknologi ini, khususnya para
pekerja yang terisolasi secara geografis, secara ekonomis atau tidak.
3. Bidang Medis, Teleconference juga dapat membantu
pengambilan keputusan dalam hal berbagi diagnosa, konsultasi, dan transmisi foto
medis diperlukan. Dengan penggunaan Teleconference, pasien dapat dikontrol
dengan baik oleh dokter dan perawat baik secara rutinatau dalam situasi
darurat, sehingga menyimpan lebih hidup dan membuat penggunaan
manfaatkesehatan.Syarat dasar teleconference dapat dilaksanakan.komponen yang
dibutuhkan untuk sebuah sistem teleconference diantaranya : Video
input, camera video atau webcamo Video output, monitor computer
atau proyektorAudio input, microphoneso Audio output, speaker atau
headphone.
TUJUAN TELECONFERENCE
Untuk
komunikasi yang dilakukan biasanya oleh dua orang atau lebih menggunakan sistem
komunikasi bisa berupa suara (audio) saja atau yang biasa disebut dengan audio
conference atau bisa juga menggunakan sistem video atau audio yang biasa
disebut dengan video conference.
Keunggulan dan kelemahan
A. Dalam Bidang Sosial
Keuntungan :
1. Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat
mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Kerugian :
1. Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk
komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi
tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
2. Seseorang yang terus menerus bergaul dengan
komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
3. Dengan pesatnya teknologi informasi baik di
internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau
pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
4. Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah
kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang
miskin.
5. Maraknya cyber crime yang terus
membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber
crime yang lainnya
6. Menurut Paul C Saettler dari California State
University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang
bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak
cerdas secara sosial.
B. Dalam Bidang Pendidikan
Keuntungan :
1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan
mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang
dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan
proses pendidikan.
3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya
kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang
tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga
pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Kerugian :
1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah
terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena
semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan
melakukan kecurangan.
2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan
bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan
dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk
berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short
span of attention).
C. Dalam Bidang Ekonomi
Keuntungan :
1. Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin
membuka lapangan pekerjaan.
2. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa
disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi
bisnis suatu perusahaan atau perorangan
3. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet
pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu
produk.
Kerugian :
a. Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet
menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti
transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
b. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan
rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial
yang besar.
D. Dalam Bidang Pemerintahan
Keuntungan :
1. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang
dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat
masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program
yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
2. e-government juga dapat mendukung
pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi
antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
3. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai
kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki
kinerja pemerintah.
Kerugian :
1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs
pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak
system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika
penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
5. Sarana/Perangkat yang digunakan dalam
kegitan Teleconference :
a. Device atau perangkat yaitu
alat yang di gunakan untuk teleconference.
b. Perangkat lunak yaitu
software/aplikasi yang di gunakan. Yang paling populer adalah
skype,whatsapp(untuk handphone), VMEET(untuk komputer).
c. Koneksi internet untuk
melakukan teleconference kita harus mempunyai koneksi internet yang stabil agar
komunikasi bisa nerjalan dengan lancar.
d. Video input
· Kamera video/ webcam
untuk merekam kegiatan konferensi/pertemuan tersebut.
e. Video output
· Monitor komputer
· Proyektor untuk
menyambungkan teleconference agar dapat di lihat oleh orang banyak.
f. Audio input
· Mikrofon
g. Audio output
· Pengeras suara untuk
mengeraskan suara
Langkah-langkah
menyelenggarakan/mengikuti teleconference :
Menyelenggarakan konferensi sangat membutuhkan penanganan yang khusus.
Langkah pertama Anda harus mampu menguraikan kegiatan tersebut; tentang
tujuannya, tahap-tahap yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut,
orang-orang yang akan dijadikan sebagai panitia, dsb. Berikut langkah-langkah
menyelenggarakan conferensi
1. Mempersiapkan
detail program dengan semua orga-nisator konferensi untuk menjamin tercapainya
tujuan pengorganisasian.
2. Menghubungi pembicara-pembicara tamu, orang-orang
kunci (key persons) dalam bidang yang menjadi tema konferensi, pejabat penting
pemerintah, dan sekaligus meminta jaminan mereka untuk bersedia hadir pada
konferensi
3. Mengatur tempat berlangsungnya konferensi, perincian
akomodasi, dan menandatangani berbagai kontrak penyewaan, seperti tempat
penyelenggaraan konferensi, hotel, dsb. Anda pasti memerlukan ruang pertemuan/
konferensi, ruang panitia, tempat parkir, pengawasan keamanan, dll. Kesiapan
akomodasi ini perlu diperiksa untuk menjamin terlaksananya konferensi dengan
sukses
4. Satu hal penting yang perlu dipikirkan adalah biaya
konferensi.
Jika Anda/institusi penyelenggara kon-ferensi menghadapi kesulitan biaya, maka
Anda perlu menghubungi beberapa badan/departemen pemerintah yang
mempunyai kaitan langsung dengan tema konferensi, Anda juga bisa menghubungi
perusahaan-perusahaan khususnya yang berkecimpung dalam bidang yang sejalan
dengan tema konferensi untuk meminta bantuan dana bagi penyelenggaran
konferensi tersebut.
Khusus untuk perusahaan ini, mereka pun sebenarnya
bisa mengambil keuntungan dari penyelenggaran konferensi, misalnya karena
nama/iklan perusahaan bisa disisipkan dalam buku kumpulan abstrak konferensi
atau berbagai bentuk iklan atau promosi lain sesuai yang disepakati.
5. Menyampaikan rencana konferensi ke khalayak
umum. Selain harus
membuat brosur atau leaflet tentang penyelenggaraan konferensi (yang harus
mencakup jadwal, tempat, tema, dsb.), Anda pun perlu mengumumkannya lewat
berbagai majalah ilmiah atau bahkan di surat kabar harian.
6. Menyiapkan undangan, catatan-catatan
program di mana tanggal, tempat, waktu harus diperiksa dengan baik.
7. Pada beberapa konferensi yang
sungguh-sungguh dipersiapkan, seringkali panitia menyediakan satu map berisi
materi konferensi, buku catatan, alat tulis, dll untuk dibagikan kepada semua
peserta. Jika mungkin map ini pun mesti Anda persiapkan.
Panduan Menggunakan Video Conferencing
· Masuk
kehalaman Back Office anda lalu “Klik” “Video Communication Center Home”
· Setelah
itu “Klik” “Video Conferencing”
· Setelah
itu “Klik” “My Meeting” untuk membuat jadwal Video Konferensi Anda
· Tunggu
sampai proses “Loading” selesai
· “Klik”
pada daftar tanggal yang akan anda adankan Video Konferensi lalu “Klik” “New
Meeting”
· Isi kolom
dengan nama Meeting Anda dan jangan lupa “Centang” “Allow Guest” setelah itu
“Klik” “Submit”
· Contoh
pengisian Form Video Konferensi
· Untuk
menggundang teman anda lewat email untuk menghadiri Video Konferensi anda
“Klik” “Invite”
· “Klik”
“Invite by Email” untuk mengundang teman anda lewat Email atau “Group Invite”
untuk menggundang teman yang sudah ada di daftar Group yang anda buat.
· Untuk
masuk kedalam Video Konferensi anda “Klik” link yang telah tersedia
· Tunggu
sampai Proses Loading selesai.
· Masukkan
Nomer ID dan Password Anda. Jika anda sebagai Tamu dalam Video Konferensi
jangan lupa mengisi Nama Anda pada kolom “Latest Guest Name”
· Setelah
semua Proses selesai Anda dapat menggunakan fasilitas Video Konferensi. Anda
Dapat Mengirimkan Undangan Video Konferensi Kapan saja, Dimana Saja Jumlah
Undangan Tidak Terbatas.
HAMBATAN ATAU GANGGUAN YANG SERING TERJADI
DALAM TELECONFERENCE.
1. Tidak semua daerah terjangkau oleh adanya
sinyal internet sehingga sulit untuk terhubung dengan seseorang yang ada di
daerah terpencil yang tidak ada jaringan internet
2. Jika seseorang yang tidak mengerti
dengan teknologi akan lebih sulit dan tidak akan efisien dan teleconference
berjalan tidak lancar.
3. Jika koneksi tidak stabil dan
tedak lancar akan meghambat jalanya konferensi atau suatu pertemuan
4. Harus koneksi ke jaringan yang baik
dan stabil
Teleconference adalah penggunaan video/teknologi suara
dan komputer yang memungkinkan orang pada lokasi yang berjauhan untuk saling
melihat, mendengar, dan berbicara satu sama lain. konferensi video dimana data
yang di-transmisikan adalah dalam bentuk video atau audiovisual.
Teknologi video conference ini sangat efisien bagi perusahaan, terutama yang memiliki cabang-cabang perusahaan yang letaknya cukup jauh. Hal ini dikarenakan tekhnologi ini mengurangi biaya perusahaan yaitu biaya perjalanan untuk keperluan rapat atau pertemuan, biaya penginapan, konsumsi dll. Selain itu teknologi video conference ini dapat memungkinkan orang yang tidak dapat berpergian dapat saling berkomunikasi secara tatap muka
B. Pengertian
Rapat Dan Jenis-Jenis Rapat
Rapat dapat diartikan pertemuan atau komunikasi yang
dilakukan oleh beberapa orang untuk membahas atau menyelesaikan permasalahan
yang terjadi dalam organisasi tersebut :
1. Berdasarkan tujuan
a. Rapat penjelasan (teaching conference)
Adalah rapat yang bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada peserta rapat mengenai kebijakan yang telah diambil oleh pimpinan organisasi.
b. Rapat pemecahan masalah (problem solving conference)
Adalah rapat yang bertujuan untuk mencari pemecahan masalah yang sedang dihadapi.
c. Rapat perundingan (negotiation conference)
Adalah rapat yang diadakan karena ada dua pihak yang berkepentingan, apabila tidak dirundingkan dapat mengakibatkan timbulnya pertikaian atau perselisihan.
2. Berdasarkan sifatnya
a. Rapat formal
Adalah rapat yang diadakan dengan suatu perencanaan terlebih dahulu menurut ketentuan yang berlaku dan pesertanya secara resmi mendapat undangan.
b. Rapat informal
Adalah rapat yang diadakan tanpa terpogram dan tidak berdasarkan suatu perencanaan formal.
c. Rapat terbuka
Adalah rapat yang pesertanya tidak terbatas, artinya semua anggota dapat hadir tanpa undangan resmi
d. Rapat tebuka
Adalah rapat yang dihadiri hanya orang-orang yang mendapatkan undangan saja.
3. Berdasarkan frekuensinya
a. Rapat rutin
Adalah rapat yang sudah ditentukan
waktunya dan sesudah terprogram.
b. Rapat insidental
b. Rapat insidental
Adalah rapat yang tidak berdasarkan jadwal, tergantung pada masalah yang
dihadapi
4. Berdasarkan jangka waktunya
a. Rapat mingguan, yaitu rapat yang dilakukan tiap satu minggu sekali.
b. Rapat bulanan, yaitu rapat yang diselenggarakan tiap satu bulan sekali.
c. Rapat semesteran, yaitu rapat yang dilakukan tiap enam bulan sekali.
d. Rapat tahunan, yaitu rapat yang dilakukan tiap setahun sekali biasanya pada akhir tahun/tutup tahun
C.Perangkat Teleconference
Perangkat Teleconference merupakan alat untuk melakukan pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telephone atau
koneksi jaringan. Pertemuan
tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau
menggunakan audio-video (videoconference) yang
memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang
dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Sistem telekomunikasi dapat
mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih dari
berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih
berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.
D. Macam - Macam atau Jenis
Teleconference
Jenis
Teleconference ada beberapa, yaitu
1. Audio Conference
adalah pertukaran informasi hanya
melalui suara dengan medium panggilan telepon yang menghubungkan tiga atau
lebih suara saluran telepon dalam waktu yang bersamaan. Audio Conference
memiliki kelebihan dibanding web conference dan video conference, karena biaya
yang relatif murah. Namun kelemahan dari Audio Conference adalah hilangnya
koneksi personal dalam bisnis ketika hanya suara
koneksi hanya suara koleganya saja yang bisa terdengar. Saat beberapa pihak
terlibat dalam satu pembicaraan dalam percakapan telepon dalam satu panggilan
secara bersamaan, maka kemungkinan pihak tersebut berbicara dalam satu waktu
yang sama menjadi lebih besar
2. Web Conference
adalah dimana presentasi atau dokumen dapat dibagi dan
disebarluaskan melalui internet. Keuntungan utamanya adalah presenter dokumen
dapat memberi penjelasan mendetail mengenai suatu dokumen, sementara web
lain dapat secara serempak melihat dokumen presentasi tersebut.
3.VideoConference
adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada dilokasi yang berbeda, menggunakan jaringan komputer dengan komunikasi audio dan video.
E.Kegunaan atau Manfaat Teleconference
A. Bagi pelajar
Ø Bisa dibuat untuk
percontohan [ada pelajar atau siswa agar mengerti tentang bagaimana penggunaan
teleconference itu sendiri
Ø Menambah wawasan bagi
pelajar tentang apa itu teleconference
Ø Memudahkan siswa saat akan melakukan kegiatan
teleconference sendiri
B. Bagi Guru
Ø Mengajarkan pada murid muridnya tentang telecoference
Ø Membuat murid mengenal
teleconference sejak remaja agar mudah pengaplikasian saat dewasa
C. Bagi Perusahaan
Ø Memudahkan perusahaan dalam
hal jarak tempuh yang jauh dan sebagainya
Ø Memudahkan perusahaan
membahas masalah bersama walau tidak berada pada satu tempat yang sama
F.
ManfaatTeleconference
a. Membantu
individu maupun kelompok untuk dapat berkomunikasi
dengan lebih mudah dan relatif murah dalam pelaksanaan konseling.
dengan lebih mudah dan relatif murah dalam pelaksanaan konseling.
b. Memberikan
kesempatan kepada individu untuk berkomunikasi lebih
baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu
bertemu secara fisik (cyber counseling).
baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu
bertemu secara fisik (cyber counseling).
c. Memungkinkan
konseling tidak merasa malu/canggung yang bisa
dilakukan kapan dan dimana saja
dilakukan kapan dan dimana saja
d. Walaupun
kegiatan konseling dilakukan dengan jarak jauh namun
kerahasian konseli harus tetap terjaga
kerahasian konseli harus tetap terjaga
e. Dapat menghemat waktu konselor karena
dapat melakukan layanan
dimana saja walaupun tempatnya berjauhan
dimana saja walaupun tempatnya berjauhan
G. Tujuan Dari Teleconference
Tujuan menggunakan teleconference
adalah memudahkan seseorang atau orang banyak dalam meringkas waktu. Karena
waktu yang seharusnya digunakan untuk menuju tempat yang sama tersebut bisa
digunakan untuk hal lain yang lebih membutuhkan. Karena kita telah melakukan
kegiatan teleconference untuk bisa mendengar dan melihat langsung dengan jelas
orang yang ingin kita temui melalui media tersebut.Tanpa perlu bersusah payah
menghabiskan banyak waktu yang kita punya.
H.Keunggulan dan Kelemahan Teleconference
Keunggulan Teleconference
v Ø Tidak adanya kepemilikan
metode dalam mengakses Internet denga standar WAP baik pada isi maupun layanan
v Ø Menghemat biaya
v ØMenghemat
waktu
v Kelemahan
Teleconference
v Ø Konfigurasi telepon seluler
untuk service WAP masih termasuk sulit
v Ø Jumlah telepon seluler yang
mendukung WAP masih terhitung sanagt sedikit
v Ø Harga masih terbilang mahal
untuk dimiliki sehingga hanya perusahaan atau organisasi tertentu yang
mempunyai cukup dana dan sangat membutuhkan yang memiliki konferensi video
Prosedur adalah urutan langkah-langkah yang harus
ditempuh dalam melakukan suatu kegiatan secara sistematis sesuai dengan aturan
yang telah ditetapkan. Prosedur rapat berkaitan erat dengan beberapa tahapan
kegiatan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan pertemuan/rapat, dan sesuai
dengan ketentuan umum yang berlaku dalam rapat. Prosedur pertemuan/rapat yang
harus dilakukan antara lain sebagai berikut.
a. Menentukan Masalah dan
Tujuan Pertemuan/Rapat
Setiap rapat
yang akan diselenggarakan harus memiliki maksud atau tujuan dan masalah apa
yang akan dibahas dalam pertemuan/rapat tersebut. Misalnya, tujuan
pertemuan/rapat itu untuk memecahkan suatu masalah, membuat sebuah keputusan,
atau hanya mengumpulkan informasi.
b.
Mempersiapkan Perlengkapan/Peralatan Pertemuan/Rapat
Perlengkapan
pertemuan/rapat harus dipersiapkan sebelum rapat dimulai. Mempersiapkan
perlengkapan pertemuan/rapat itu meliputi penyediaan papan tulis; spidol;
flip-chart (media tulis); overhead projector atau slide projector; LCD; tape
recorder untuk merekam jalannya rapat (jika perlu); laptop/komputer beserta
perangkat lunak dan keras pendukungnya; alat-alat kelengkapan menulis seperti
misalnya jepit kertas, klip kertas, perfurator, stapler dengan isinya, gunting,
cutter, peruncing pensil, dan lain-lain. Segala perlengkapan/peralatan tersebut
di atas harus dipersiapkan dan tersedia pada waktu rapat dilaksanakan.
c. Menyediakan Tempat
Pertemuan/Rapat
Mempersiapkan
ruangan atau tempat rapat sangat diperlukan. Hal ini harus dilakukan sebelum
rapat diselenggarakan dan sebelum undangan dikirim kepada peserta
pertemuan/rapat. Ruangan sebaiknya dipilih yang nyaman dan sesuaikan dengan
jumlah peserta yang akan hadir dalam rapat. Kalau melibatkan instansi di luar
kantor, periksa kembali jumlah orang yang akan hadir pada rapat tersebut karena
akan memengaruhi kapasitas ruangan, jumlah meja maupun kursi yang harus
disiapkan, sekaligus jumlah snack atau makanan yang hendak disediakan. Atur
pula tata letak meja dan kursi sesuai dengan keperluan rapat dan tata ruangan
rapat sebaik mungkin.
d. Membuat Daftar Acara
Pertemuan/Rapat
Daftar acara
harus dibuat dan disusun sebelum pertemuan/rapat dimulai. Daftar acara itu dapat
dibuat dengan cara membuat pokok-pokok acara dalam garis besar. Rancanglah
acara rapat tersebut dengan efektif agar tak buang waktu. Daftar acara itu
dapat meliputi jadwal pembukaan acara pertemuan/rapat, pembahasan materi pokok
rapat, waktu istirahat, penutupan rapat, dan sebagainya.
e. Mempersiapkan Peserta
Pertemuan/Rapat
Sebelum
pertemuan/rapat dimulai, peserta rapat harus dipersiapkan terlebih dahulu.
Persiapan itu dapat meliputi pembuatan daftar orang-orang yang akan diundang
dalam pertemuan/rapat tersebut, mempersiapkan konsep surat undangan dengan
baik, memeriksa dan mempertimbangkan kembali daftar orang-orang yang harus
diundang dalam pertemuan/rapat berdasarkan kontribusi mereka dalam agenda rapat
tersebut. Menempatkan peserta sesuai dengan fungsi dan kedudukannya seperti
menentukan pemimpin rapat, moderator (jika diperlukan), serta notulen rapat.
Sehari sebelum pelaksanaan rapat, pastikan kehadiran orang-orang yang diundang
dalam kegiatan pertemuan/rapat itu. Jika tidak bisa hadir, minta mereka
menunjuk orang-orang yang kompeten terhadap masalah yang hendak dibahas untuk
mewakilkannya.
f.
Mempersiapkan Bahan Pertemuan/Rapat
Mempersiapkan
bahan pertemuan/rapat bagi peserta pertemuan/rapat sangat diperlukan sebelum
rapat dimulai. Bahan-bahan itu dapat berupa daftar acara atau agenda
pertemuan/rapat yang akan dilaksanakan, hasil rapat yang lalu, kertas-kertas
kerja dari para peserta yang akan dibahas, dan sebagainya.
g.
Mencatat Hasil Rapat
Hasil-hasil
rapat harus dicatat oleh seorang notulen. Seorang notulen atau notulis harus
mampu mencatat jalannya acara rapat. Hal yang dicatat itu berupa inti-inti
pembicaraan selama berlangsungnya acara pertemuan/rapat. Hasil-hasil rapat yang
dicatat oleh notulen ini disebut notula rapat.
h.
Pendistribusian Hasil Rapat
Notula rapat
atau hasil rapat harus diketik rapi, kemudian diperbanyak atau digandakan dan
dikirimkan atau didistribusikan kepada peserta rapat, baik yang hadir maupun
yang tidak hadir pada waktu rapat, atau dikirim kepada pihak luar/ekstern.
Hasil rapat tersebut juga dapat diberitahukan melalui pesawat telepon atau
media komunikasi lainnya kepada anggota atau peserta rapat.
i.
Melakukan Kegiatan Tindak Lanjut Hasil Rapat
Hasil-hasil
rapat yang telah diputuskan harus ditindaklanjuti agar tujuan rapat yang telah
ditetapkan sebelumnya benar-benar tercapai. Apabila rapat yang diselenggarakan
tersebut merupakan rapat yang bersifat periodik, maka Anda dapat
mengikutsertakan lembaran atau slip yang meminta keterangan dari para anggota
mengenai bisa atau tidaknya ia menghadiri pertemuan yang akan datang, terutama
untuk menindaklanjuti hasil rapat sebelumnya. Berdasarkan hasil keterangan
peserta dalam slip ini, Anda dapat membuat daftar peserta yang akan hadir dalam
pertemuan mendatang.
Tugas : Dari Materi Diatas
Anda Diminta Untuk Membuat Rangkuman dan Membuat Soal Essay Sebanyak 5 Soal
Berikut Jawabannya dan jangan lupa di pojok kanan atas ditulis Nama, kelas
serta nomor absen..
Rangkuman baserta Soal yang
anda buat kirim ke email :fizar.shz@gmail.com
Komentar